adsense

31 Jul 2012

MENENTUKAN UNSUR PENUNJANG DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN ( 2 - PERTEMUAN KE 3 )

"Janji Tuhan"

Ada tiga amalan manusia yang akan tetap mengalir padanya disaat dia telah meninggal.
Salah satunya adalah mengajarkan / mewariskan ilmu yang bermanfaat bagi sesama.
Untuk itu marilah saling berlomba " mencicil tabungan" untuk alam sana. Saling berbagi
apa yang kita tahu / apa yang kita bisa barangkali dapat dianggap sebagai upaya kearah
sana.

Ingat,
tuhan tidak akan pernah ingkar akan janji NYA.
dan, segerakanlah untuk mendapatkannya.






                                              PERTEMUAN  KE  III

I.       MATERI AJAR

A.                PENGERTIAN  ORNAMEN
      Sesuatu yang ditambahkan / dihadirkan pada bangunan dengan tujuan untuk lebih mempercantik dan mendukung fungsi bangunan. Misalnya vas bunga, korsi, foto, lighthing, atau dapat juga berupa ukiran, molding, terali dsb.

B.                 MACAM – MACAM ORNAMEN
      Ada ornament yang permanen (statis )dan ada ornament yang dapat dipindah – pindah sesuai dengan keinginan

C.                MEMILIH DAN MERENCANAKAN PENEMPATAN ORNAMEN
      Ornamen yang akan pakai harus disesuaikan dengan dimana ornament itu akan ditempatkan. Keberadaan ornament harus menunjang terhadap fungsi. Keserasian warna ornament juga harus diperhatikan.

II.    METODE

Presentasi, Diskusi,Observasi, Tanya jawab dan penugasan

III. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

          NO
KEGIATAN
RINCIAN
WAKTU
PERALATAN
PENDUKUNG
METODE
TEMPAT BELAJAR
SUMBER BELAJAR
GURU
P. DIDIK
1.
KEGIATAN AWAL
·   Membuka pertemuan / berdoa
·   Absensi
·   Apresiasi & Motivasi


·   Tertib & berdoa
·   Memperhatikan & merespon

15 menit

Absensi & kelengkapan mengajar lainnya

Presentasi , informasi

Studio gambar










TATA RUANG, Fritz Wilkening, Kanisius 1987, Jogjakarta.

2.
KEGIATAN INTI
·   Menjelaskan pengertian tentang ornament interior dan eksterior bangunan
·   Meminta siswa untuk terlibat dalam mengidentifikasi ornament interior dan eksterior bangunan. .
·   Meminta siswa untuk merencanakan apa ornament yang pantas untuk suatu ruang, dan ornament yang pantas untuk eksterior (fasad) bangunan.
·    Mengapresiasi siswa yang aktif, dan member jawaban benar
·   Meninjau ulang kembali pemahaman siswa
·    Mengulangi penjelasan pada bagian yang kurang dipahami siwa
·   Meminta siswa untuk merencanakan ren penempatan penempatan ornament tersebut dalam bentuk gambar 2D  . .. .
·   Menugaskan siswa untuk mendapatkan contoh dari keberadaan berbagai ornament interior dan eksterior pada bangunan   .

·   Memperhatikan




·   Aktif dalam Tanya jawa




·   Mengerjakan








 
 
  


 




Mengerjakan





Mendokumentasikan bangunan yang di observasi.

·                         Browshing di internet

20 menit




 20 menit





20 menit


30 menit





10 menit


10 menit


10 menit




70 menit





15 menit




Komputer dan infocuss, white board, mistar dan siku – siku






Persentasi informasi,





diskusi





Penugasan









Studio gambar
3.
PENUTUP
·  Menyimpulkan materi dgn melibat kan siswa
·  Evaluasi  lisan
·  Menutup dan berdoa

·   Merespon dengan dengan aktif


·   Berdoa bersama


15 menit





     
V.  PENILAIAN

      Tugas di rumah : Menugaskan siswa untuk mendapatkan gambar bangunan yang menerapkan penggunaan material interior dan eksterior bangunan, dan menulis pendapatnya tentang gambar tersebut, dan diserahkan liwat email paling lambat satu minggu setelah penugasan.





Lembaran Soal
      Nama                                             :
      Kelas                                             :
      Kompetensi Dasar                         :    Menggambar instalasi plambing
     
      Pengetahuan
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN
SKOR MAKSIMAL
SKOR SISWA
1.
Jelaskan apa yang anda pahami tentang maksud ukuran yang proporsional ?

1.0

2.
Perabotan / meubel yang dipakai harus layak apabila dilihat dari sisi egronomis.  Jelaskan maksud dari kalimat di atas.

1.5

3.
Anda diminta untuk mendesain ruang tidur yang akan ditempati oleh dua orang anak. Berapakah luas ruangan (minimal) yang harus anda seiakan ?

2.0

4.
Berkaitan dengan soal nomor 4, apa saja perabot / kelengkapan yang akan anda tempatkan pada ruang tersebut ?


2.0


5.
Sebuah rumah direncanakan untuk ditempati  5 orang, yang  terdiri atas pasangan orang tua dan 3 orang anak. Rencanakanlah denah rumah tersebut, dan hitunglah porsentase luas dari setiap kelompok ruang berdasarkan luas keseluruhan

3.5


Jumlah skor maksimal
10


Nilai Pengetahuan                 =          Jumlah skor siswa       X  10
                                                                                 Jumlah skor maks.
                                                
Tugas di rumah :
1.   Coba diidentifikasi apa saja dirumah anda yang dikategorikan utilitas gedung.
2.   Apasaja peralatan dan fasilitas gedung ( selain penjelasan di atas ) yang dapat dikategorikan utlitas gedung.( lengkapi dengan contoh / gambarnya)
     

 SIKAP
No
Sikap
Skor
 ( 0 -10 )
Bobot
Nilai
1.
Displin

0,2

2.
Minat

0,2

3.
Kerja sama

0,2

4.
Kerajinan

0,2

5.
Keaktifan

0,2



Nilai siswa    =    60%Np  + 25 % Nt + 15% Ns
            Ket     :     Np  =  Nilai Pengetahuan
                            Nt    =  Nilai Tugas
                             Ns   =   Nilai Sikap
                                                                                                             

                                                                                                  Sijunjung, Januari 2012


Mengetahui
Kepala SMK N 2 Sijunjung                                                           Guru Kompetensi / Mata diklat




JUFRI, S.Pd                                                                                  RISWANDI        
Nip. 19700911  199703  1  003                                                    Nip. 19660325  198903  1  012

7 Jul 2012

SALAM

Maaf,
bila sampai saat ini masih belum ada sesuatupun yang bisa saya post kan untuk anda semua.
Tentu anda semua sangat kecewa, sebab anda telah meluangkan waktu untuk berkunjung,
tetapi anda tidak ada menemukan sesuatu yang baru.

Mohon doa dari anda semua,