adsense

7 Jun 2011

UTILITAS GEDUNG ( RPP )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

 

Mata Pelajaran     : Teknik Gambar Bangunan

Kelas Semester         : II/ IV

Alokasi Waktu         : 5 jam @ 45 menit

Standar Kompetensi     : Menggambar Utilitas Gedung

Kompetensi Dasar     : Mendiskripsikan Utilitas Gedung

Indikator         : Bentuk, Jenis dan fungsi Utilitas Bangunan Dipahami

I.    Tujuan Pembelajaran

  

  • Prasyarat
    • Peserta telah memahami fungsi dan kegunaan rumah bagi penghuni / pemi;lik
    • Peserta memahami fungsi dan kegunaan setiap ruangan .

       

 

  • Tujuan Akhir Pembelajaran

     

    • Pesrta dapat Menjelaskan tentang pengertian utilitas bangunan
    • Peserta dapat menjelaskan peralatan dan fasilitas apa saja yang dikategorikan utilitas bangunan.
    • Pesrta dapat menjelaskan fungsi dan kegunaan dari masing - masing peralatan dan fasilitas.

 

II.    Materi Ajar

      

        Secara umum utilitas bangunan dapat diartikan sebagai kelengkapan bangunan, atau yang
berkaitan dengan segala alat dan peralatan ( fasilitas )yang ditambahkan pada bangunan tersebut.
Keberadaan utilitas bangunan dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan fungsi bangunan, sehingga
akan semakin menhadirkan rasa aman dan nyaman bagi pemilik / penghuni.
Berbagai peralatan dan kelengkapan bangunan
  1. Listrik, berkaitan dengan fungsi pemanfaatannya, sumber dan instalasi dalam rumah.
  2. Pompa air, Fungsi utamanya adalah memberi tekanan / dorongan dalam pengaliran air, baik ke reservoir (penampungan ), maupun dalam pendistribusian ke kran – kran pelepasan.
  3. Instalasi plumbing dan perlengkapannya.
    Pe4ngertian plambing menurut standar yang berlaku, lingkup kerja plambing, serta berbagai peralatan dan perlengkapan yang menyertainya.
  4. Drainase
    Drainase berarti rembesan. Jadi berbicara tentang system drainase berarti berbicara tentang system pengolahan air limbah dan air rembesan pada suatu bangunan
  5. Penangkal Petir, fungsi utamanya adalah untuk melindungi bangunan dan penghuninya dari dampak lansung terhadap sambaran petir
  6. Telfon (atau alat komunikasi lainnya), berfungsi untuk memperlancar komunikasi penghuni dengan sesama , ataupun komunikasi dengan pihak luar
    demi memperlancar segala aktivitas   
  7. AC (Air Conditioner) yaitu alat untuk menyejukkan dan memberikan udara segar didalam ruangan.
  8. Alat pemadam kebakaran merupakan pertolongan pertama bila di dalam rumah terjadi kebakaran, api yang masih kecil lebih mudah dan cepat dapat dipadamkan.

     

 

III.    Metode

    Presentasi, Diskusi,Tanya jawab dan penugasan


 

IV.    Langkah – langkah Pembelajaran  


NO 
KEGIATAN 
RINCIAN

WAKTU 
PERALATAN

PENDUKUNG 
METODE TEMPAT BELAJAR SUMBER BELAJAR 
GURU 
P. DIDIK 
1. KEGIATAN AWAL

  • Membuka pertemuan / berdoa
  • Absensi
  • Apresiasi & Motivasi


  • Tertib & berdoa
  • Memperhatikan & merespon


15 menit 


Absensi & kelengkapan mengajar lainnya 


Presentasi , informasi 


Studio gambar 
Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Rendah , Ir.Ign.Benny Puspantoro, M.sc.





PULI 2000 (Peraturan Umum Listrik Indonesia 2000)







Perancangan dan pemeliharaan sistem Plambing, Syofyan Mohammad Noerbambang&Takeo Morimura, PT. Pradnya Paramita



Dasar-Dasar Plambing, Drs. Evri Tahar dkk.,Angkasa



Panduan Lengkap Membangun Rumah, Gatut Susanta, Griya Kreasi.


 
2. KEGIATAN INTI

  • Menjelaskan listrik dan fungsi / kegunaannya pada bangunan
  • Meminta siswa untuk ikut / terlibat dalam menjelaskan kegunaan listrik
  • Menjelaskan pompa air beserta fungsi / kegunaannya pada bangunan
  • Meminta siswa untuk menjelaskan berbagai bentuk pompa air yang dikenalinya
  • Menjelaskan instalasi plumbing dan kelengkapannya beserta fungsi / kegunaannya
  • Meminta siswa menjelaskan apa saja bentuk pekerjaan plumbing yang itemukan di rumahnya
  • Menjelaskan system drainase pada bangunan
  • Menjelaskan penang kal petir dan fungsi / kegunaannya pada bangunan
  • Menjelaskan alat komunikasi serta fungsi / keguanaannya
  • Menjelaskan AC dan fungsi / kegunaanya
  • Menjelaskan alat pemadam kebakaran dan fungsi / kegunaannya
  • Tanya jawab berkaitan dgn penjelasan diatas
  • Mengapresiasi siswa yang aktif, dan member jawaban benar


  • Memperhatikan


  • Aktif dalam Tanya jawa


  • Memperhatikan


•Aktif dalam Tanya jawa



  • Memperhatikan


Aktif dalam Tanya jawa





  • Memperhatikan

     
  • Memperhatikan
  •  
     
    • Memperhatikan

       
    • Memperhatikan

       
    • Memperhatikan


    • Aktif dalam Tanya jawab





     


    20 menit





    5 menit




    20 menit






    5 menit












    20 menit





    5 menit






    20 menit





    20 menit





    20 menit



    20 menit






    20 menit




    15 menit






    5 menit


    Komputer dan infocuss, white board, mistar dan siku – siku








     


    Persentasi informasi,











    diskusi











    Penugasan














     


    Studio gambar 
    3. PENUTUP

    • Menyimpulkan materi dgn melibat kan siswa
    • Evaluasi lisan
    • Menutup dan berdoa


    • Merespon dengan dengan aktif




    • Berdoa bersama


    15 menit 





     


     


     

    V.    PENILAIAN  

    Lembaran Soal
        Nama                :

        Kelas                :

        Kompetensi Dasar            : Mendiskripsikan Utilitas Gedung

      

        Pengetahuan

    NO 
    SOAL 
    URAIAN JAWABAN 
    SKOR MAKSIMAL 
    SKOR SISWA 
    1. Yang dimaksud dengan utilitas gedung adalah
    0.6

    2. Sebutkan lima macam kelengkapan / fasilitas yang dikategorikan utilitas gedung
    0.8

    3. Selain dimanfaatkan untuk penerangan, untuk apa lagi listrik dimanfaatkan ?
    0.8

    4. Jelaskan dengan ringkas, Bagaimana pompa air difungsikan dalam pendistribusian air didalam rumah

    1.5

    5. Yang dimaksud dengan instalasi plambing adalah
    1.0

    6Fungsi utama instalasi plambing adalah
    1.0

    7Coba jelaskan, apa pemahaman anda tentang drainase
    1.5

    8Bagian mana dari bangunan / rumah yang di kategorikan drainase ?
    1.0

    9Untuk menghadirkan suasana yang sejuk didalam rumah, terkadang ventilasi saja tidak cukup. Upaya apakah yang harus dilakukan ?
    1.0

    10Coba anda jelaskan, apa yang anda ketahui tentang penangkal petir
    0.8


    Jumlah skor maksimal
    10


     

    Nilai Pengetahuan        =    Jumlah skor siswa X 10

                                                Jumlah skor maks.

      

    Tugas di rumah :

    1. Coba diidentifikasi apa saja dirumah anda yang dikategorikan utilitas gedung.
    2. Apasaja peralatan dan fasilitas geung ( selain penjelasan di atas ) yang dapat dikategorikan utlitas gedung.( lengkapi dengan contoh / gambarnya)

    SIKAP

    No 
    Sikap
    Skor
    ( 0 -10 ) 
    Bobot 
    Nilai 
    1. Displin 
    0,2 

    2. Minat 
    0,2 

    3. Kerja sama 
    0,2 

    4. Kerajinan 
    0,2 

    5. Keaktifan
    0,2 


     

    Nilai siswa = 60%Np + 25 % Nt + 15% Ns

    Ket : Np = Nilai Pengetahuan

        Nt = Nilai Tugas

         Ns = Nilai Sikap

                                     Sijunjung, Juni 2011

    Mengetahui

    Wakil Kepala Bidang Kurikulum                    Guru Kompetensi / Mata diklat


     


     

    Zamzanel Fahmi                                                               Riswandi  

    Nip. 131 686 975                                                     Nip. 131 854 803

    Tidak ada komentar: