RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Mata Pelajaran : Teknik Gambar Bangunan
Kelas Semester : II/ IV
Alokasi Waktu : 5 jam @ 45 menit
Standar Kompetensi : Menggambar Utilitas Gedung
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan Utilitas Gedung
Indikator : Bentuk, Jenis dan fungsi Utilitas Bangunan Dipahami
I. Tujuan Pembelajaran
- Prasyarat
- Peserta telah memahami fungsi dan kegunaan rumah bagi penghuni / pemi;lik
- Peserta memahami fungsi dan kegunaan setiap ruangan .
- Peserta telah memahami fungsi dan kegunaan rumah bagi penghuni / pemi;lik
- Tujuan Akhir Pembelajaran
- Pesrta dapat Menjelaskan tentang pengertian utilitas bangunan
- Peserta dapat menjelaskan peralatan dan fasilitas apa saja yang dikategorikan utilitas bangunan.
- Pesrta dapat menjelaskan fungsi dan kegunaan dari masing - masing peralatan dan fasilitas.
II. Materi Ajar
Secara umum utilitas bangunan dapat diartikan sebagai kelengkapan bangunan, atau yang
berkaitan dengan segala alat dan peralatan ( fasilitas )yang ditambahkan pada bangunan tersebut.
Keberadaan utilitas bangunan dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan fungsi bangunan, sehingga
akan semakin menhadirkan rasa aman dan nyaman bagi pemilik / penghuni.
Berbagai peralatan dan kelengkapan bangunan
- Listrik, berkaitan dengan fungsi pemanfaatannya, sumber dan instalasi dalam rumah.
- Pompa air, Fungsi utamanya adalah memberi tekanan / dorongan dalam pengaliran air, baik ke reservoir (penampungan ), maupun dalam pendistribusian ke kran – kran pelepasan.
- Instalasi plumbing dan perlengkapannya.
Pe4ngertian plambing menurut standar yang berlaku, lingkup kerja plambing, serta berbagai peralatan dan perlengkapan yang menyertainya. - Drainase
Drainase berarti rembesan. Jadi berbicara tentang system drainase berarti berbicara tentang system pengolahan air limbah dan air rembesan pada suatu bangunan
- Penangkal Petir, fungsi utamanya adalah untuk melindungi bangunan dan penghuninya dari dampak lansung terhadap sambaran petir
- Telfon (atau alat komunikasi lainnya), berfungsi untuk memperlancar komunikasi penghuni dengan sesama , ataupun komunikasi dengan pihak luar
demi memperlancar segala aktivitas
- AC (Air Conditioner) yaitu alat untuk menyejukkan dan memberikan udara segar didalam ruangan.
- Alat pemadam kebakaran merupakan pertolongan pertama bila di dalam rumah terjadi kebakaran, api yang masih kecil lebih mudah dan cepat dapat dipadamkan.
III. Metode
Presentasi, Diskusi,Tanya jawab dan penugasan
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
NO |
KEGIATAN
| RINCIAN WAKTU | PERALATAN PENDUKUNG | METODE | TEMPAT BELAJAR | SUMBER BELAJAR | |
GURU
|
P. DIDIK
| ||||||
1. | KEGIATAN AWAL
|
| 15 menit | Absensi & kelengkapan mengajar lainnya | Presentasi , informasi | Studio gambar | Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Rendah , Ir.Ign.Benny Puspantoro, M.sc. PULI 2000 (Peraturan Umum Listrik Indonesia 2000) Perancangan dan pemeliharaan sistem Plambing, Syofyan Mohammad Noerbambang&Takeo Morimura, PT. Pradnya Paramita Dasar-Dasar Plambing, Drs. Evri Tahar dkk.,Angkasa Panduan Lengkap Membangun Rumah, Gatut Susanta, Griya Kreasi. |
2. | KEGIATAN INTI
|
•Aktif dalam Tanya jawa
| 20 menit 5 menit 20 menit 5 menit 20 menit 5 menit 20 menit 20 menit 20 menit 20 menit 20 menit 15 menit 5 menit | Komputer dan infocuss, white board, mistar dan siku – siku | Persentasi informasi, diskusi Penugasan | Studio gambar | |
3. | PENUTUP
|
| 15 menit |
V. PENILAIAN
Lembaran Soal
Nama :Kelas :
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan Utilitas Gedung
Pengetahuan
NO |
SOAL
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR MAKSIMAL
|
SKOR SISWA
| |
1. | Yang dimaksud dengan utilitas gedung adalah |
0.6
| |||
2. | Sebutkan lima macam kelengkapan / fasilitas yang dikategorikan utilitas gedung |
0.8
| |||
3. | Selain dimanfaatkan untuk penerangan, untuk apa lagi listrik dimanfaatkan ? |
0.8
| |||
4. | Jelaskan dengan ringkas, Bagaimana pompa air difungsikan dalam pendistribusian air didalam rumah |
1.5
| |||
5. | Yang dimaksud dengan instalasi plambing adalah |
1.0
| |||
6 | Fungsi utama instalasi plambing adalah |
1.0
| |||
7 | Coba jelaskan, apa pemahaman anda tentang drainase |
1.5
| |||
8 | Bagian mana dari bangunan / rumah yang di kategorikan drainase ? |
1.0
| |||
9 | Untuk menghadirkan suasana yang sejuk didalam rumah, terkadang ventilasi saja tidak cukup. Upaya apakah yang harus dilakukan ? |
1.0
| |||
10 | Coba anda jelaskan, apa yang anda ketahui tentang penangkal petir |
0.8
| |||
Jumlah skor maksimal
|
10
|
Nilai Pengetahuan = Jumlah skor siswa X 10
Jumlah skor maks.
Tugas di rumah :
1. Coba diidentifikasi apa saja dirumah anda yang dikategorikan utilitas gedung.
2. Apasaja peralatan dan fasilitas geung ( selain penjelasan di atas ) yang dapat dikategorikan utlitas gedung.( lengkapi dengan contoh / gambarnya)
SIKAP
No |
Sikap
|
Skor
( 0 -10 )
|
Bobot
|
Nilai
|
1. | Displin |
0,2
| ||
2. | Minat |
0,2
| ||
3. | Kerja sama |
0,2
| ||
4. | Kerajinan |
0,2
| ||
5. | Keaktifan |
0,2
|
Nilai siswa = 60%Np + 25 % Nt + 15% Ns
Ket : Np = Nilai Pengetahuan
Nt = Nilai Tugas
Ns = Nilai Sikap
Sijunjung, Juni 2011
Mengetahui
Wakil Kepala Bidang Kurikulum Guru Kompetensi / Mata diklat
Zamzanel Fahmi Riswandi
Nip. 131 686 975 Nip. 131 854 803
Tidak ada komentar:
Posting Komentar