SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 2 SIJUNJUNG
MATA PELAJARAN : UTILITAS GEDUNG
KELAS / SEMESTER : XI / 4
STANDAR KOMPETENSI : MENGGAMBAR UTILITAS GEDUNG
KODE KOMPETENSI : 04.KK.12
ALOKASI WAKTU : 72 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
| |||||
TM
|
PS
|
PI
| |||||||||
1. Mendiskripsi kan utilitas bangunan
|
Bentuk dan jenis utilitas bangunan dipahami
|
Mahamai tentang utilitas bangunan serta fungsi dan kegunaan; sanitasi dan drainase, pompa air, listrik, penangkal petir, alat komunikasi, AC, dan alat pemadam kebakaran
|
Ø Menjelaskan tentang pengertian utilitas bangunan
Ø Menjelaskan peralatan dan fasilitas apa saja yang dikategorikan utilitas bangunan.
Ø Menjelaskan fungsi dan kegunaan dari masing - masing peralatan dan fasilitas.
|
Ø Tes tertulis
Ø Pengamat- an
Ø Tes lisan
Ø Hasil penugasan
|
Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Rendah , Ir.Ign.Benny Puspantoro, M.sc.
PULI 2000 (Peraturan Umum Listrik Indonesia 2000)
Perancangan dan pemeliharaan sistem Plambing, Syofyan Mohammad Noerbambang&Takeo Morimura, PT. Pradnya Paramita
Dasar-Dasar Plambing, Drs. Evri Tahar dkk.,Angkasa
Panduan Lengkap Membangun Rumah, Gatut Susanta, Griya Kreasi.
| ||||||
2. Menggambar instalasi listrik
|
Instalasi listrik digambar dengan benar, lengkap dengan simbol,notasi dan dimensi sesuai SNI
|
Memahami kegunaan listrik pada bangunan. Memahami simbol,notasi dan dimensi yang dipakai dan disesuaikan dgn SNI. Memahami sumber pengambilan arus listrik. Memahami penggambaran instalasi listrik dalam bangunan, maupun gbr instalasi kesumber
|
Ø Menjelaskan kegunaan listrik pada bangunan
Ø Mengenal berbagai simbol, notasi dan dimensi yang dipakai dalam menggambar instalasi listrik.
Ø Mengenal berbagai sumber listrik yang digunakan untuk bangunan.
Ø Menggambar instalasi listrik didalam bangunan dan instalasi kesumber listrik lengkap dengan simbol,notasi dan dimensi sesuai SNI.
Ø Merapikan gambar
| ||||||||
Menggambar instalasi Plambing
|
Instalasi plambing (khususnya air bersih dan air kotor) digambar dengan benar, lengkap dengan simbol,notasi dan dimensi sesuai SNI
|
Ø Memahami lingkup dari pekerjaan plambing pada rumah tinggal
Ø Memahami berbagai peralatan plambing yang terpakai pada rumah tinggal
Ø Memahami penggambaran instalasi plambing (Khususnya air bersih dan air kotor)
|
Ø Mendiskripsikan lingkup kerja plambing (pada rumah tinggal)
Ø Mengenal berbagai jenis peralatan plambing beserta fungsinya pada bangunan rumah tinggal
Ø Mengambar instalasi air bersih dankotor lengkap dengan simbol dan dimensi sesuai dengan standar SNI
Ø Merapikan gambar
| ||||||||
Menggambar Drainase Gedung
|
Pengertian drainase gedung dipahami, dan digambarkan dengan benar
|
Ø Memahami sistem drainase gedung dan segala persaratan teknisnya yang terkait
|
Ø Mendiskripsikan sistem drainase secara umum
Ø Mendiskripsikan drainase gedung
Ø Memahami akan perlunya keberadaan sistem drainase yang baik pada gedung
Ø Memahami berbagai persaratan teknis yang akan berkaitan dengan baik buruknya drainase yang direncanakan
Ø Menggambar drainase gedung dengan benar, sesuai standar yang berlaku
|
Sijunjung, Februari 2011
riswandi
SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 2 SIJUNJUNG
MATA PELAJARAN : DEKORASI INTERIOR DAN EKSTERIOR
KELAS / SEMESTER : XI / 4
STANDAR KOMPETENSI : MENGGAMBAR LAYOUT DEKORASI INTERIOR DAN EKSTERIOR
KODE KOMPETENSI : 04.KK.12
ALOKASI WAKTU :
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
| ||
TM
|
PS
|
PI
| ||||||
Mengidentifikasi elemen ruang, dekorasi interior dan eksterior
|
· Elemen –elemen ruang dipahami
· dekorasi interior dan dekorasi eksterior dipahami
|
· Memahmi pengertian pengerti elemen ruang
· Memahami peran dekorasi interior dan dekorasi eksterior pada suatu bangunan
|
· Menjelaskan pengertian elemen ruang
· Mengidentifikasi elemen ruang
· Menjelaskan pengertian dekorasi interior dan dekorasi eksterior
|
· Tes tertulis
· Lisan
· Pengamatan
· Hasil penugasan
|
Antara Desainer interior dan Dekorator Interior : Studi Perbandingan (abstrak), Dwi retno Sari Ambarwati, Fakultas Bahasa dan Seni FBS UNY (goglee document)
Arsitektur dan perilaku Manusia (pratinjau), Joyce Marceliya Laurent , PT Grasindo (google buku)
Menciptakan Rumah Sehat (pratinjau), Andie Wicaksono, Griya Kreasi (google buku)
Dasar-dasar Perencanaan Ruang, Mark Karlen (google buku)S
| |||
Mendiskripsikan ruang, estetika, dekorasi interior, dan eksterior
|
· Berbagai macam peruntukan ruang dan dasar penetapannya dipahami
· Keterintegrasian nilai estetika dalam dekorasi interior dan eksterior dipahami
|
· Memahami berbagai macam peruntukan ruang dan dasar penetapannya
· Memahami keterkaitan nilai estetika dengan dekorasi interior dan eksterior
|
· Menjelaskan bermacam ruang pada suatu bangunan berdasarkan peruntukannya
· Menjelaskan faktor-faktor yang mendasari penetapan peruntukan ruang
· Menjelaskan keterkaitan / peran nilai estetika dalam dekorasi interior dan eksterior
|
·
| ||||
Membaca gambar layout dekorasi interior dan eksterior
|
· Simbol yang digunakan dalam menggambar layout dekorasi interior dan eksterior dipahami
|
· Memahami berbagai macam simbol beserta dimensinya yang digunakan dalam gambar layout dekorasi interior dan eksterior
|
· Menjelaskan berbagai macam bentuk simbol,notasi dimmensinya yang digunakan dalam penggambaran layout dekorasi interior dan eksterior
|
·
| ||||
Mendiskripsikan fungsi,suasana harmoni interior dan eksterior
|
·
|
·
|
·
|
·
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar