RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Mata
Pelajaran : Teknik Gambar Bangunan
Kelas
Semester : III/ VI
Alokasi
Waktu : 5 jam
@ 45 menit
Standar
Kompetensi : Menentukan Unsur Penunjang
Desain Interior dan Eksterior Bangunan
Kompetensi Dasar : Menentukan
Ukuran Skala Manusia Desain Interior dan Eksterior Bangunan
Indikator
: 1. Ruang didesain dengan proporsi yang
benar berdasarkan jumlah penghuni
2. Benda -
benda yang ditempatkan di suatu ruangan mengacu pada ukuran standar dan disesuaikan
dengan fungsi dan kegunaannya
I. Tujuan
Pembelajaran
A.
Prasyarat
1.
Peserta
telah memahami pengertian ruang dan elemen – elemen nya
2.
Peserta
telah memahami Pengertian interior dan eksterior bangunan
B.
Tujuan
Akhir Pembelajaran
1.
Peserta dapat mendesain ruang dengan ukuran
yang proporsional berdasarkan jumlah penghuni
2.
Pesrta
dapat mendesain ruang sesuai dengan fungsi dang kegunaannya berdasarkan
kebutuhan pemilik.
3.
Peserta
dapat menentukan benda / furniture / kelengkapan lainnya dengan proporsi ukuran
yang serasi pada suatu ruang serta menata penempatannya dengan benar.
II. Materi Ajar
A.
DASAR PENILAIAN
PERUMAHAN DAN RUANG
Ada empat factor yang
harus diperhatikan :
§ Luas rumah dan ruang
yang memadai
§ Hubungan antar ruang
§ Pengaturan ruang
§ Bentuk denah ruang dan
kemungkinan penyusunannya.
1.
Luas
Rumah
Perbandingan antara luas rumah dan
jumlah penghuni ( besar keluarga )harus baik dan seimbang, agar setiap anggota
keluarga mendapatkan ruang yang cukup untuk berkembang.
Jumlah penghuni
|
Nama
ruang
|
Kebutuhan
ruang
|
4
orang
|
Ruang keluarga dgn tpt
makan
|
20
– 23 m²
|
5
orang
|
Ruang keluarga dgn tpt
makan
|
22
– 25 m²
|
6
orang
|
Ruang keluarga dgn tpt
makan
|
24
– 27 m²
|
4
orang
|
Dapur tanpa tempat makan
|
4.5
– 7 m²
|
5
orang
|
Dapur tanpa tempat makan
|
7.5
– 8 m²
|
6
orang
|
Dapur tanpa tempat makan
|
8.5
– 9 m²
|
2
orang
|
Km tidur org tua + km
mandi
|
4 –
4.5 m²
|
|
Km mandi + Wc
|
5 –
5.5 m²
|
|
Km anak ( 2 tempat tidur )
|
12
– 13 m²
|
|
Km anak ( 1 tempat tidur )
|
8 –
8.5 m²
|
|
Wc
|
1.5
m²
|
2.
Hubungan
Antar Ruang ( Kelompok Ruang )
Pembagian berbagai ruang dalam rumah
menunjukan baik tidaknya pembagian luas perumahan. Adapun kebutuhan minimal
ruangan pada suatu rumah ;
Ruang bersama ( ruang keluarga , ruang makan ) + ruang pribadi (ruang tidur, ruang anak,
ruang kerja) kebutuhan ruangnya 72% dari
luas keseluruhan.
Ruang teknis ( dapur, kamar mandi, Wc ) kebutuhan
ruangnya 18% dari luas keseluruhan.
Ruang lalu lintas ( lorong, vestibule, tangga dalam)
kebutuhan ruangnya 10% dari luas keseluruhan.
3.
Penataan
Ruang
Ruang harus ditata sesuai dengan fungsinya. Dapur tempat makan, tempat
tidur dan kamar mandi hendaknya berekatan. Semua ruang harus berpintu sama,
Ruang – ruang tembus hanya menyita ruang lintasan, dan mempersulit dalam menata
perabot.
4.
Denah
Ruang
Denah ruang dengan kemungkinan penataan yang
baik dapat dilihat dari penempatan pintu dan jendela yang tepat.
B. UKURAN
Ukuran meuble / furniture /
kelengkapan ruang lainnya yang deirekomendasikan sehingga ukurannya terasa proporsional
dengan ruang yang ada, dan sangat layak bila ditinjau dari sisi egronomis. Dan
apabila ditinjau dari sudut pandang estetika maka keberadaannya pada suatu
ruang akan menghadirkan nuansa yang nyaman, indah, tenang, serta akan sangat
berperan dalam mengoptimalkan fungsi ruang.
III. Metode
Presentasi,
Diskusi,Tanya jawab dan penugasan
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
NO
|
KEGIATAN
|
RINCIAN
WAKTU
|
PERALATAN
PENDUKUNG
|
METODE
|
TEMPAT
BELAJAR
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
GURU
|
P. DIDIK
|
||||||
1.
|
KEGIATAN
AWAL
·
Membuka
pertemuan / berdoa
·
Absensi
·
Apresiasi
& Motivasi
|
·
Tertib
& berdoa
·
Memperhatikan
& merespon
|
15
menit
|
Absensi
& kelengkapan mengajar lainnya
|
Presentasi
, informasi
|
Studio
gambar
|
TATA RUANG, Fritz Wilkening, Kanisius 1987,
Jogjakarta.
|
2.
|
KEGIATAN
INTI
·
Menjelaskan
luas ruang yang dibutuhkan berdasarkan jumlah penghuni
·
Meminta
siswa untuk ikut / terlibat dalam menentukan pengelompokan ruang .
·
Menjelaskan
porsentase luas setiap kelompok ruang berdsarkan luas keseluruhan .
·
Menjelaskan
penaataan ruang didasari fungsi dan kegunaannya .
·
Meminta
siswa untuk menyebutkan berbagai macam ruang interior yang dikenali serta
mengidentifikasi fungsi dan kegunaannya.
·
Menjelaskan
tentang perlunya keserasian ukuran benda yang ada pada suatu ruang dengan
ruangan .
·
Meminta
siswa untuk mengidentifikasi perabotan / meubel yang diperlukan pada setiap
ruang .
·
Tanya
jawab berkaitan dgn peran perabot / meubel dalam mengoptimalkan fungsi ruang.
·
Mengapresiasi
siswa yang aktif, dan member jawaban benar
·
Mengulangi
penjelasan pada bagian yang kurang dipahami siwa
·
Meninjau
ulang kembali pemahaman siswa
·
Menugaskan
siswa untuk mendapatkan gambar dari berbagai perabot / meubel yang
ditempatkan pada suatu ruang beserta ukurannya.
|
·
Memperhatikan
·
Aktif
dalam Tanya jawa
·
Memperhatikan
·
Memperhatikan
Aktif
dalam Tanya jawa
·
Memperhatikan
Merespon dengan aktif
·
Aktif
dalam Tanya jawab
·
Browshing
di internet
|
15
menit
15 menit
20
menit
20
menit
10 menit
20
menit
20
menit
20
menit
20
menit
20
menit
15
menit
|
Komputer
dan infocuss, white board, mistar dan siku – siku
|
Persentasi
informasi,
diskusi
Penugasan
|
Studio
gambar
|
|
3.
|
PENUTUP
·
Menyimpulkan
materi dgn melibat kan siswa
·
Evaluasi lisan
·
Menutup
dan berdoa
|
·
Merespon
dengan dengan aktif
·
Berdoa
bersama
|
15
menit
|
|
|
|
|
V. PENILAIAN
Tugas di rumah : Menugaskan siswa untuk
mendapatkan gambar dari berbagai perabot / meubel yang ditempatkan pada suatu
ruang beserta ukurannya, dan diserahkan liwat email paling lambat satu minggu
setelah penugasan.
Lembaran
Soal
Nama :
Kelas :
Kompetensi
Dasar : Menggambar instalasi plambing
Pengetahuan
NO
|
SOAL
|
URAIAN JAWABAN
|
SKOR MAKSIMAL
|
SKOR SISWA
|
1.
|
Jelaskan apa yang anda pahami tentang maksud
ukuran yang proporsional ?
|
|
1.0
|
|
2.
|
Perabotan / meubel yang dipakai harus layak
apabila dilihat dari sisi egronomis.
Jelaskan maksud dari kalimat di atas.
|
|
1.5
|
|
3.
|
Anda diminta untuk mendesain ruang tidur
yang akan ditempati oleh dua orang anak. Berapakah luas ruangan (minimal)
yang harus anda seiakan ?
|
|
2.0
|
|
4.
|
Berkaitan dengan soal nomor 4, apa saja
perabot / kelengkapan yang akan anda tempatkan pada ruang tersebut ?
|
|
2.0
|
|
5.
|
Sebuah rumah direncanakan untuk
ditempati 5 orang, yang terdiri atas pasangan orang tua dan 3 orang
anak. Rencanakanlah denah rumah tersebut, dan hitunglah porsentase luas dari
setiap kelompok ruang berdasarkan luas keseluruhan
|
|
3.5
|
|
|
Jumlah skor maksimal
|
10
|
|
Nilai Pengetahuan = Jumlah skor siswa X
10
Jumlah skor maks.
Tugas di rumah :
1. Coba diidentifikasi apa saja dirumah anda
yang dikategorikan utilitas gedung.
2. Apasaja peralatan dan fasilitas gedung (
selain penjelasan di atas ) yang dapat dikategorikan utlitas gedung.( lengkapi
dengan contoh / gambarnya)
SIKAP
No
|
Sikap
|
Skor
( 0 -10 )
|
Bobot
|
Nilai
|
1.
|
Displin
|
|
0,2
|
|
2.
|
Minat
|
|
0,2
|
|
3.
|
Kerja sama
|
|
0,2
|
|
4.
|
Kerajinan
|
|
0,2
|
|
5.
|
Keaktifan
|
|
0,2
|
|
Nilai siswa
= 60%Np + 25 % Nt + 15% Ns
Ket :
Np = Nilai Pengetahuan
Nt =
Nilai Tugas
Ns
= Nilai Sikap
Sijunjung, Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMK N 2 Sijunjung Guru Kompetensi / Mata diklat
JUFRI, S.Pd RISWANDI
Nip. 19700911
199703 1 003 Nip. 19660325
198903 1 012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar