RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Mata Pelajaran : Teknik
Gambar Bangunan
Kelas Semester : III/ VI
Alokasi Waktu : 15 jam
@ 45 menit
Standar Kompetensi : Menentukan Unsur
Penunjang Desain Interior dan Eksterior Bangunan
Kompetensi
Dasar : 1. Mengaplikasikan material interior dan
eksterior bangunan
2. Menentukan pencahayaan buatan interior
dan eksterior bangunan
3. Menentukan ornament interior dan
eksterior bangunan
Indikator : 1. Memilih
material interior dan eksterior bangunan yang sesuai dengan gaya disain yang
diinginkan
2. Menetapkan
pilihan atas pencahayaan buatan yang sesuai / mendukung terhadap gaya disain
yang diinginkan
3. Ornamen yang dipakai disesuaikan dengan
gaya disain yang diinginkan.
4. Material, pencahayaan buatan, dan
ornamen interior dan eksterior bangunan diaplikasikan diaplikasikan dalam
gambar disain bangunan.
I. Tujuan
Pembelajaran
A.
Prasyarat
1.
Peserta
telah memahami utilitas gedung, khususnya instalasi listrik dan plumbing
2.
Peserta
telah memahami pengertian ruang dan elemen – elemennya.
3.
Peserta
telah memahami pegertian interior dan eksterior bangunan.
4.
Peserta
telah memahami ilmu bahan bangunan, khususnya bahan – bahan dasar yang
digunakan untuk pengisi dinding pembatas, lantai dan plafon.
B.
Tujuan
Akhir Pembelajaran
1.
Peserta
dapat menentukan material yang sesuai dengan desain yang diinginkan
2.
Peserta
merencanakan pencahayaan buatan untuk mengoptimalkan fungsi interior dan
eksterior bangunan. .
3.
Peserta
dapat menetapkan pilihan atas ornament yang akan digunakan untuk lebih
mempercantik tampilan interior dan eksterior bangunan.
4.
Peserta
dapat menampilkan hasil desainnya dalam bentuk gambar 2D dan 3D..
II. Materi Ajar
Untuk memilih/ menetapkan bahan
yang akan digunakan pada interior dan eksterior bangunan kita harus
menyesuaikan dengan gaya desain yang yang dipilih. Sebab masing – masing
model / gaya desain tentu bertujuan untuk menghadirkan nuansa yang berbeda. Dan
penciptaan nuansa tersebut sudah jelas bertujuan untuk mengakomodir keinginan /
kebutuhan penghuni.
A.
MATERIAL
Pada umumnya material pelapis ini adalah
hasil olahan dari material yang sudah dikenal sebelumnya, dan atau perpaduan
dari bermacam material. Beberapa
material pelapis / penutup yang yang saat ini lebih diminati :
·
Batu / bebatuan dengan berbagai macam produk
pengembangannya (granit, mar – mar, keramik, dan sebagainya).
·
Tanah dengan berbagai produk pengembangannya
·
Kayu dengan berbagai macam produk olahan dan
pengembangannya.
·
Bambu
·
Wall paper
·
HPL ( nama dipasaran) dengan berbagai macam
motif
·
Gypsum
·
Alumunium Composit Panel
·
Besi
·
Kaca
·
Dan sebagainya.
B.
PERTIMBANGAN
DALAM MEMILIH MATERIAL
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan
dalam memilih material interior dan eksterior bangunan :
·
Warna
·
Tekstur
·
Daya tahan
·
Ketersediaan
·
Pemasangan
·
Biaya
·
Kesesuaian dengan gaya desain
III. Metode
Presentasi, Diskusi,Tanya jawab
dan penugasan
IV. Langkah –
langkah Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
NO
|
KEGIATAN
|
RINCIAN
WAKTU
|
PERALATAN
PENDUKUNG
|
METODE
|
TEMPAT
BELAJAR
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
GURU
|
P.
DIDIK
|
||||||
1.
|
KEGIATAN AWAL
· Membuka pertemuan /
berdoa
· Absensi
· Apresiasi &
Motivasi
|
· Tertib & berdoa
· Memperhatikan &
merespon
|
15 menit
|
Absensi & kelengkapan mengajar lainnya
|
Presentasi , informasi
|
Studio gambar
|
TATA RUANG,
Fritz Wilkening, Kanisius 1987, Jogjakarta.
|
2.
|
KEGIATAN INTI
· Menjelaskan material
interior dan eksterior bangunan
· Meminta siswa untuk
ikut / terlibat menentukan material
apa saja yang banyak dipergunakan .
· Menjelaskan pengaruh
material yang dipakai terhadap suasana / nuansa interior dan eksterior .
· Menjelaskan pertimbangan
dalam memilih material interior dan eksterior bangunan. .
· Meminta siswa untuk mengemukakan
pendapat atas pertimbangan pemilihan material .
· Menampilkan beberapa
contoh bangunan dan meminta siswa mengemukakan pendapat atas nuansa dari
contoh – contoh tersebut .
· Meminta siswa untuk mengidentifikasi
material yang dipakai pada contoh bangunan diatas .
· Mengapresiasi siswa
yang aktif, dan member jawaban benar
· Meninjau ulang
kembali pemahaman siswa
· Mengulangi
penjelasan pada bagian yang kurang dipahami siwa
· Menugaskan siswa
untuk mendapatkan gambar bangunan yang menerapkan penggunaan material
interior dan eksterior dan menuliskan penadapatnya tentang gambar tersebut .
|
· Memperhatikan
· Aktif dalam Tanya
jawa
· Memperhatikan
· Memperhatikan
Aktif dalam Tanya jawa
· Memperhatikan
Merespon dengan
aktif
·
Browshing
di internet
|
20 menit
20
menit
20 menit
20 menit
20 menit
30 menit
20 menit
10 menit
10 menit
10 menit
15 menit
|
Komputer dan infocuss, white board, mistar
dan siku – siku
|
Persentasi informasi,
diskusi
Penugasan
|
Studio gambar
|
|
3.
|
PENUTUP
· Menyimpulkan materi
dgn melibat kan siswa
· Evaluasi lisan
· Menutup dan berdoa
|
· Merespon dengan
dengan aktif
· Berdoa bersama
|
15 menit
|
V. PENILAIAN
Tugas di rumah :
Menugaskan siswa untuk mendapatkan gambar bangunan yang menerapkan penggunaan
material interior dan eksterior bangunan, dan menulis pendapatnya tentang
gambar tersebut, dan diserahkan liwat email paling lambat satu minggu setelah
penugasan.
(
bersambung ke pertemuan ke dua )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar