adsense

15 Feb 2012

MENENTUKAN UNSUR PENUNJANG DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN ( 2 - PERTEMUAN I )


RENCANA    PELAKSANAAN    PEMBELAJARAN
( RPP)

Mata Pelajaran                       : Teknik Gambar Bangunan
Kelas Semester                     :  III/ VI
Alokasi Waktu                        :  15 jam  @  45 menit
Standar Kompetensi              :  Menentukan Unsur Penunjang Desain Interior dan Eksterior Bangunan
Kompetensi Dasar                 :  1.    Mengaplikasikan material interior dan eksterior bangunan
                                                 2.     Menentukan pencahayaan buatan interior dan eksterior bangunan
                                                 3.     Menentukan ornament interior dan eksterior bangunan
Indikator                :  1.     Memilih material interior dan eksterior bangunan yang sesuai dengan gaya disain yang diinginkan
                               2.        Menetapkan pilihan atas pencahayaan buatan yang sesuai / mendukung terhadap gaya disain yang diinginkan
                                    3.         Ornamen yang dipakai disesuaikan dengan gaya disain yang diinginkan.
                        4.         Material, pencahayaan buatan, dan ornamen interior dan eksterior bangunan diaplikasikan diaplikasikan dalam gambar disain bangunan.
                                              
I.      Tujuan Pembelajaran   
       
A.      Prasyarat
1.     Peserta telah memahami utilitas gedung, khususnya instalasi listrik dan plumbing
2.     Peserta telah memahami pengertian ruang dan elemen – elemennya.
3.     Peserta telah memahami pegertian interior dan eksterior bangunan.
4.     Peserta telah memahami ilmu bahan bangunan, khususnya bahan – bahan dasar yang digunakan untuk pengisi dinding pembatas, lantai dan plafon.

B.     Tujuan Akhir Pembelajaran
1. Peserta dapat menentukan material yang sesuai dengan desain yang diinginkan
2.     Peserta merencanakan pencahayaan buatan untuk mengoptimalkan fungsi interior dan eksterior bangunan. .
3.     Peserta dapat menetapkan pilihan atas ornament yang akan digunakan untuk lebih mempercantik tampilan interior dan eksterior bangunan.
4.     Peserta dapat menampilkan hasil desainnya dalam bentuk gambar 2D dan 3D.. 


II.     Materi Ajar

               
                        Untuk memilih/ menetapkan  bahan yang akan digunakan pada interior dan eksterior bangunan kita harus menyesuaikan dengan gaya desain yang yang dipilih. Sebab masing – masing model / gaya desain tentu bertujuan untuk menghadirkan nuansa yang berbeda. Dan penciptaan nuansa tersebut sudah jelas bertujuan untuk mengakomodir keinginan / kebutuhan penghuni.


A.     MATERIAL 
Pada umumnya material pelapis ini adalah hasil olahan dari material yang sudah dikenal sebelumnya, dan atau perpaduan dari  bermacam material. Beberapa material pelapis / penutup yang yang saat ini lebih diminati :
·                   Batu / bebatuan dengan berbagai macam produk pengembangannya (granit, mar – mar, keramik, dan sebagainya).
·                   Tanah dengan berbagai produk pengembangannya
·                   Kayu dengan berbagai macam produk olahan dan pengembangannya.
·                   Bambu
·                   Wall paper
·                   HPL ( nama dipasaran) dengan berbagai macam motif
·                   Gypsum
·                   Alumunium Composit Panel
·                   Besi
·                   Kaca
·                   Dan sebagainya.

B.     PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH MATERIAL
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih material interior dan eksterior bangunan :
·                      Warna
·                      Tekstur
·                      Daya tahan
·                      Ketersediaan
·                      Pemasangan
·                      Biaya
·                      Kesesuaian dengan gaya desain




III.    Metode
               
                Presentasi, Diskusi,Tanya jawab dan penugasan

IV.    Langkah – langkah Pembelajaran             

Pertemuan Pertama
          NO
KEGIATAN
RINCIAN
WAKTU
PERALATAN
PENDUKUNG
METODE
TEMPAT BELAJAR
SUMBER BELAJAR
GURU
P. DIDIK
1.
KEGIATAN AWAL
·    Membuka pertemuan / berdoa
·    Absensi
·    Apresiasi & Motivasi


·    Tertib & berdoa
·    Memperhatikan & merespon

15 menit

Absensi & kelengkapan mengajar lainnya

Presentasi , informasi

Studio gambar










TATA RUANG, Fritz Wilkening, Kanisius 1987, Jogjakarta.

2.
KEGIATAN INTI
·    Menjelaskan material interior dan eksterior bangunan
·    Meminta siswa untuk ikut / terlibat  menentukan material apa saja yang banyak dipergunakan .
·    Menjelaskan pengaruh material yang dipakai terhadap suasana / nuansa interior dan eksterior .
·    Menjelaskan pertimbangan dalam memilih material interior dan eksterior bangunan. .
·    Meminta siswa untuk mengemukakan pendapat atas pertimbangan pemilihan material .
·    Menampilkan beberapa contoh bangunan dan meminta siswa mengemukakan pendapat atas nuansa dari contoh – contoh tersebut .
·    Meminta siswa untuk mengidentifikasi material yang dipakai pada contoh bangunan diatas .
·    Mengapresiasi siswa yang aktif, dan member jawaban benar
·    Meninjau ulang kembali pemahaman siswa
·    Mengulangi penjelasan pada bagian yang kurang dipahami siwa
·    Menugaskan siswa untuk mendapatkan gambar bangunan yang menerapkan penggunaan material interior dan eksterior dan menuliskan penadapatnya tentang gambar tersebut .

·    Memperhatikan


·    Aktif dalam Tanya jawa




·    Memperhatikan





·    Memperhatikan




Aktif dalam Tanya jawa
 
 
  

·    Memperhatikan
 






Merespon dengan aktif
















·                         Browshing di internet

20 menit




 20 menit




20 menit


 


20 menit




20 menit





30 menit







20 menit





10 menit





10 menit



10 menit



15 menit




Komputer dan infocuss, white board, mistar dan siku – siku






Persentasi informasi,





diskusi





Penugasan









Studio gambar
3.
PENUTUP
·  Menyimpulkan materi dgn melibat kan siswa
·  Evaluasi  lisan
·  Menutup dan berdoa

·   Merespon dengan dengan aktif


·   Berdoa bersama


15 menit





V.    PENILAIAN

        Tugas di rumah : Menugaskan siswa untuk mendapatkan gambar bangunan yang menerapkan penggunaan material interior dan eksterior bangunan, dan menulis pendapatnya tentang gambar tersebut, dan diserahkan liwat email paling lambat satu minggu setelah penugasan.


                                                                        ( bersambung ke pertemuan ke dua )

Tidak ada komentar: