adsense

16 Mei 2015

TUGAS 1

Pada postingan ini saya mencoba mengungkap berdasarkan apa yang saya liwati di kelas selama proses pembelajaran berlansung. Dan dari sinilah saya memulai untuk menentukan apa yang akan saya tulis, seterusnya memberanikan diri berbagi dengan anda.

Oh ya, kali ini saya akan mengungkapkan proses evaluasi yang dilakukan untuk mengungkap seberapa ril kemampuan siswa dalam menggambar denah dan potongan.
Mudah-mudahan juga bermanfaat bagi anda




TUGAS ; 
Melengkapi DENAH, GARIS RENCANA ATAP, dan MENGGAMBAR POTONGAN

Hari ini, saya tetap memangggil siswa satu persatu kedepan. Ini adalah kelanjutan dari kegiatan  minggu sebelumnya. Mereka saya minta menyelesaikan / melengkapi gambar yang disediakan. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk tes yang bertujuan untuk memantau pemahaman dan kopetensi siswa dalam menggambar dengan menggunakan perangkat lunak. Sebab dalam keseharian ( sejauh pemantauan ) para siswa ini selalu mampu menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan. Padahal kesempatan mereka untuk bekerja makssimal di sekolah sangat terbatas, dikarenakan sangat tidak seimbangnya jumlah peralatan yang ada dibandingkan dengan jumlah siswa.
Kali ini saya hanya  menyediakan denah dalam bentuk satu garis (as), dan. yang saya minta pada mereka adalah :
1.       Denah
Menjadikan sketsa denah yang disediakan sebagai denah yang baik dan layak serta memenuhi persaratan teknis. Denah yang baik tentu saja harus dilengkapi dengan symbol dan ukuran, serta mudah “dibaca” dan dipahami. Sehingga benar-benar dapat dipedomani / dijadikan acuan dalam pelaksanaan pekerjaan nantinya.
Untuk pintu dan jendela, diberikan kebebasan mengenai bentuk, ukuran dan penempatannya. Disini saya mencoba memberi ruang pada mereka untuk menuangkan ide, kreatifitas dan inovasinya. Dan untuk ini akan diminta mereka memberikan alas an / penjelasan atas pilihan ini.

2.      Garis atap (Bentuk atap)
Atap yang diinginkan berbentuk perisai, atau gabungan bentuk pelana dan perisai. Disini akan diminta mereka menjelaskan / menunjukan ;
a.    Kenapa garis atap digambarkan dengan garis putus-putus ?
b.    Seberapa banyak jurai luar, jurai dalam dan bubungan pada atap yang direncanakan tersebut.
c.    Kemiringan atap, dan sudut garis (rencana) atap

3.      Potongan
Untuk tugas ini saya lebih menekankan pada bagian atas, yaitu dari nol lantai sampai puncak atap. Adapun beberapa hal yang ingin saya ingin lihat adalah;
§  Bagai mana mereka menempatkan simpul hubungan antara kaki kuda-kuda dan balok tarik dengan tumpuan ( ring balok/ kolom).
§  Cara membuat/penempatan skor kuda-kuda
§  Penempatan balok apit
§  Penempatan / jarak gording ( penutup atap menggunakan genteng metal)
§  Penempatan reng. Titik penempatan reng pertama, dan jarak reng pertama dengan reng kedua, dan jarak reng kedua dengan reng ketiga, dan estrus nya.
§  Pertanyaan, apakah jarak reng pertama dengan reng kedua sama dengan jarak reng kedua dengan reng ketiga ?
Potongan pertama yang digambarkan sebaiknya potongan yang menampilkan kuda-kuda utuh dan pada bentangan terlebar. Sehingga dari potongan tersebut akan didapatkan puncak tertinggi dari atap. Potongan yang baik dan benar harus didapat / digamabarkan dengan cara memproyeksikan dari denah yang sudah dilengkapi garis rencana atap. Sedangkan gambar tampak didapat dari hasil proyeksi denah dan potongan.

Potongan dapat dikatakan bagian terpenting dari gambar. Bahkan ada yang beranggapan potongan merupakan inti dari gambar. Sebab pada gambar potongan ini akan terlihat struktur serta ukuran arah horizontal maupun ukuran arah vertical dari bangunan yang direncanakan. Pada gambar potongan ini juga digambarkan sesuatu yang tadinya tidak kelihatan. Dan semua ini akan sangat berperan untuk dijadikan acuan dalam pelaksanaan pengerjaan bangunannya. Jadi Seberapa bagusnyapun seseorang menggambarkan denah dan tampak, tetapi tidak didukung dengan kemampuan membaca, memahami dan menggambarkan potongan, maka gambar yang dihasilkannya menjadi tidak begitu berarti. 

Untuk tugas ini penilaian di berikan untuk denah 30%, garis rencana atap 15%, potongan 50% dan waktu 5%. Dan untuk masing-masingnya diuraikan atas beberapa item.

Nah untuk hasil penyelesaian tugas dan rincian penilaian akan saya coba menghadirkannya pada postingan berikutnya.



Tidak ada komentar: