Pada postingan ini saya mencoba mengungkap berdasarkan apa yang saya liwati di kelas selama proses pembelajaran berlansung. Dan dari sinilah saya memulai untuk menentukan apa yang akan saya tulis, seterusnya memberanikan diri berbagi dengan anda.
Oh ya, kali ini saya akan mengungkapkan proses evaluasi yang dilakukan untuk mengungkap seberapa ril kemampuan siswa dalam menggambar denah dan potongan.
Mudah-mudahan juga bermanfaat bagi anda
Oh ya, kali ini saya akan mengungkapkan proses evaluasi yang dilakukan untuk mengungkap seberapa ril kemampuan siswa dalam menggambar denah dan potongan.
Mudah-mudahan juga bermanfaat bagi anda
TUGAS ;
Melengkapi DENAH, GARIS RENCANA ATAP, dan
MENGGAMBAR POTONGAN
Hari ini, saya tetap memangggil siswa satu persatu
kedepan. Ini adalah kelanjutan dari kegiatan
minggu sebelumnya. Mereka saya minta menyelesaikan / melengkapi gambar
yang disediakan. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk tes yang bertujuan untuk
memantau pemahaman dan kopetensi siswa dalam menggambar dengan menggunakan
perangkat lunak. Sebab dalam keseharian ( sejauh pemantauan ) para siswa ini
selalu mampu menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan. Padahal kesempatan
mereka untuk bekerja makssimal di sekolah sangat terbatas, dikarenakan sangat
tidak seimbangnya jumlah peralatan yang ada dibandingkan dengan jumlah siswa.
Kali ini saya hanya
menyediakan denah dalam bentuk satu garis (as), dan. yang saya minta
pada mereka adalah :
Menjadikan sketsa
denah yang disediakan sebagai denah yang baik dan layak serta memenuhi
persaratan teknis. Denah yang baik tentu saja harus dilengkapi dengan symbol
dan ukuran, serta mudah “dibaca” dan dipahami. Sehingga benar-benar dapat
dipedomani / dijadikan acuan dalam pelaksanaan pekerjaan nantinya.
Untuk pintu dan
jendela, diberikan kebebasan mengenai bentuk, ukuran dan penempatannya. Disini
saya mencoba memberi ruang pada mereka untuk menuangkan ide, kreatifitas dan
inovasinya. Dan untuk ini akan diminta mereka memberikan alas an / penjelasan
atas pilihan ini.
2. Garis atap (Bentuk atap)
Atap yang diinginkan
berbentuk perisai, atau gabungan bentuk pelana dan perisai. Disini akan diminta
mereka menjelaskan / menunjukan ;
a. Kenapa garis atap digambarkan dengan garis putus-putus
?
b. Seberapa banyak jurai luar, jurai dalam dan bubungan
pada atap yang direncanakan tersebut.
c. Kemiringan atap, dan sudut garis (rencana) atap
3. Potongan
Untuk tugas ini saya
lebih menekankan pada bagian atas, yaitu dari nol lantai sampai puncak atap.
Adapun beberapa hal yang ingin saya ingin lihat adalah;
§
Bagai
mana mereka menempatkan simpul hubungan antara kaki kuda-kuda dan balok tarik
dengan tumpuan ( ring balok/ kolom).
§
Cara membuat/penempatan
skor kuda-kuda
§
Penempatan
balok apit
§
Penempatan
/ jarak gording ( penutup atap menggunakan genteng metal)
§
Penempatan
reng. Titik penempatan reng pertama, dan jarak reng pertama dengan reng kedua,
dan jarak reng kedua dengan reng ketiga, dan estrus nya.
§
Pertanyaan,
apakah jarak reng pertama dengan reng kedua sama dengan jarak reng kedua dengan
reng ketiga ?
Potongan pertama yang
digambarkan sebaiknya potongan yang menampilkan kuda-kuda utuh dan pada
bentangan terlebar. Sehingga dari potongan tersebut akan didapatkan puncak
tertinggi dari atap. Potongan yang baik dan benar harus didapat / digamabarkan
dengan cara memproyeksikan dari denah yang sudah dilengkapi garis rencana atap.
Sedangkan gambar tampak didapat dari hasil proyeksi denah dan potongan.
Potongan dapat
dikatakan bagian terpenting dari gambar. Bahkan ada yang beranggapan potongan
merupakan inti dari gambar. Sebab pada gambar potongan ini akan terlihat
struktur serta ukuran arah horizontal maupun ukuran arah vertical dari bangunan
yang direncanakan. Pada gambar potongan ini juga digambarkan sesuatu yang
tadinya tidak kelihatan. Dan semua ini akan sangat berperan untuk dijadikan
acuan dalam pelaksanaan pengerjaan bangunannya. Jadi Seberapa bagusnyapun
seseorang menggambarkan denah dan tampak, tetapi tidak didukung dengan
kemampuan membaca, memahami dan menggambarkan potongan, maka gambar yang
dihasilkannya menjadi tidak begitu berarti.
Untuk tugas ini
penilaian di berikan untuk denah 30%, garis rencana atap 15%, potongan 50% dan
waktu 5%. Dan untuk masing-masingnya diuraikan atas beberapa item.
Nah untuk hasil
penyelesaian tugas dan rincian penilaian akan saya coba menghadirkannya pada
postingan berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar