28 Jul 2011

MENGGAMBAR INSTALASI PLAMBING

   RENCANA    PELAKSANAAN    PEMBELAJARAN
                                        ( RPP)

Mata Pelajaran                  : Teknik Gambar Bangunan
Kelas Semester                 :  III/ VI
Alokasi Waktu                  :  20  jam  @  45 menit
Standar Kompetensi          :  Menggambar Utilitas Gedung
Kompetensi Dasar            :  Menggambar Instalasi Plumbing
Indikator                          :  Instalasi Plumbing Digambar dengan Benar
I.     Tujuan Pembelajaran   
       
A.       Prasyarat
1.       Peserta telah memahami pengertian utilitas gedung
2.       Peserta telah memahami peralatan dan kelengkapan apa saja yang dikategorikan utilitas gedung
3.       Peserta telah memahami berbagai sumber air yang digunakan untuk keperluan gedung

B.      Tujuan Akhir Pembelajaran
1.    Peserta dapat menjelaskan apa itu air bersih dan air kotor
2.     Pesrta dapat Menjelaskan lingkup kerja plumbing pada rumah tinggal
3.  Peserta dapat menjelaskan berbagai peralatan plumbing yang di pakai pada instalasi plumbing untuk
rumah tinggal termasuk peralatan sanitair . 
4.       Pesrta dapat menggambar instalasi plumbing untuk rumah tinggal

II.    Materi Ajar
1.       Air
  Air baku
        adalah adalah air yang  berasal dari sumber airpermukaan, cekungan air tanah dan atau air hujan
yang memenuhi ketentuan baku mutu  tertentu sebagai air baku untuk air minum (SNI 19–6774–2002 )

  Air Bersih
          Untuk menyatakan air itu bersih dan layak untuk dikonsumsi harus merujuk pada  SNI 19–6774–2002 ,
  Permenkes RI  No  416/Menkes/PER/IX/1990  dan Kepmenkes  RI  No  907/MENKES/SK/VII/2002 . 

  Air buangan
          Air buangan atau sering juga disebut air limbah adalah semua cairan yang dibuang baik yang
mengandung kotoran manusia, hewan, bekas tumbuh-tumbuhan maupun yang mengandung sisa-sisa
proses industri. Air buangan dapat dibedakan atas air kotor, air bekas, air hujan dan air buangan khusus (SNI,2000)
 
2.       Pengertian umum tentang plumbing
        Segala sesuatu yang berhubungan dengan pelakasanaan, pemeliharaan dan perbaikan alat plambing dan
pipa serta peralatannya, didalam atau diluar gedung dengan sistem drainase saniter, drainase air hujan, ven,
 air minum yang dihubungkan dengan sistem air minum kota.

3.         Ruang lingkup kerja plambing
Ruang lingkup kerja plumbing di indonesia meliputi segala instalasi pemipaan dengan perlengkapannya yang melayani hunian pada gedung dan persil. Adapun instalasi itu meliputi penyediaan air bersih, penyaluran / pengolahan air kotor, gas, pengolahan sampah, dan instalasi pipa lainnya.

4.         Alat plambing
Istilah alat plambing di gunakan untuk semua peralatan yang dipasang didalam maupun diluar gedung, untuk menyediakan (memasukan ) air panas atau air dingin, dan untuk menerima ( mengeluarkan ) air buangan. Alat saniter termasuk didalamnya.

5.         Fungsi alat plambing
       Untuk menyediakan air bersih ke tempat – tempat yang dikehendaki dengan tekanan yang cukup (misalnya kebutuhan air untuk dapur, tempat cuci, kamar mandi, dsb) dan membuang air kotor dari tempat – tempat tertentu (misalnya air dari kamar mandi, tempat cucitanpa mencemari bagian penting lainnya. 

6.         Simbol dan penempatannya
                        pada gambar instalasi plambing Simbol dan notasi yang dipergunak mengacu    pada standar SNI

7.         Menggambar instalasi plambing
Gambar lengkap dengan symbol dan notasi yang merujuk pada standar SNI


III.   Metode
                Presentasi, Diskusi,Tanya jawab dan penugasan

IV.  Langkah – langkah Pembelajaran     

Pertemuan Pertama
          NO
KEGIATAN
RINCIAN
WAKTU
PERALATAN
PENDUKUNG
METODE
TEMPAT BELAJAR
SUMBER BELAJAR
GURU
P. DIDIK
1.
KEGIATAN AWAL
·   Membuka pertemuan / berdoa
·   Absensi
·   Apresiasi & Motivasi


·   Tertib & berdoa
·   Memperhatikan & merespon

15 menit

Absensi & kelengkapan mengajar lainnya

Presentasi , informasi

Studio gambar
Konstruksi Bangunan Gedung Bertingkat Rendah , Ir.Ign.Benny Puspantoro, M.sc.






Perancangan dan pemeliharaan sistem Plambing, Syofyan Mohammad Noerbambang&Takeo Morimura, PT. Pradnya Paramita

Dasar-Dasar Plambing, Drs. Evri Tahar dkk.,Angkasa

Panduan Lengkap Membangun Rumah, Gatut Susanta, Griya Kreasi.


2.
KEGIATAN INTI
·   Menjelaskan air (air baku, air bersih dan air buangan)
·   Meminta siswa untuk ikut / terlibat dalam menjelaskan pemanfaatan air , khususnya pada rumah tinggal
·   Menjelaskan lingkup dari kerja plambing Khususnya pada rumah tinggal
·   Menjelaskan berbagai macam alat plambing dan kegunaannya, termasuk alat – alat saniter
·   Meminta siswa untuk menyebutkan berbagai macam alat saniter yang ada dikediamannya
·   Menjelaskan symbol dan notasi yang digunakan dalam menggambar instalasi plumbing
·   Meminta siswa untuk menggambarkan symbol dan notasi sesuai SNI
·   Tanya jawab berkaitan dgn penjelasan diatas
·   Mengapresiasi siswa yang aktif, dan member jawaban benar
·   Mengulangi penjelasan pada bagian yang kurang dipahami siwa
·   Meninjau ulang kembali pemahaman siswa

·   Memperhatikan




·   Aktif dalam Tanya jawa

·   Memperhatikan




  •Aktif dalam Tanya jawa

·   Memperhatikan





Aktif dalam Tanya jawa
 
 
  
 
·   Memperhatikan


·   Memperhatikan
 


·   Memperhatikan



·   Memperhatikan


·   Memperhatikan



·   Aktif dalam Tanya jawab





20 menit




 5 menit


20 menit


 

  5 menit


20 menit





  5 menit





20 menit



20 menit



20 menit



20 menit


20 menit



15 menit


  5 menit

Komputer dan infocuss, white board, mistar dan siku – siku






Persentasi informasi,





diskusi





Penugasan









Studio gambar
3.
PENUTUP
·  Menyimpulkan materi dgn melibat kan siswa
·  Evaluasi  lisan
·  Menutup dan berdoa

·   Merespon dengan dengan aktif


·   Berdoa bersama


15 menit






Pertemuan  Kedua

Materi Ajar
1.       Gambar instalasi plambing
                Menjelaskan gambar rencana instalasi plambing berdasarkan gambar yang sudah tersedia. Disitu akan terlihat penggunaan garis, warna garis dan symbol – symbol plambing  berdasarkan standar yang berlaku.




2.       Beberapa  pertimbangan  dalam  perencanaan
                Beberapa hal  dominan yang harus jadi dasar pertimbangan dalam perencanaan instalasi plambing adalah sisi ekonomis, perawatan, kelancaran aliran dan selera.Khusus untuk selera, ini sangat berkaitan dengan alat – alat saniter yang terus – menerus mengalami perkembangan. Dan dalam perencanaan siperencana harus berupaya seoptimal mungkin untuk dapat mengakomodir keinginan owner.

3.       Denah
                Perencanaan system instalasi plambing harus berdasarkan denah. Untuk itu siswa harus mempersiapkan denah, yang terdiri dari tiga kamar tidur, dua kamar mandi, satu ruang cuci, dapur, ruang tamu dan ruang keluarga.

NO
KEGIATAN
RINCIAN WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
METODE
TEMPAT BELAJAR
SUMBER BELAJAR
GURU
P. DIDIK
1.
KEGIATAN AWAL
·   Membuka pertemuan / berdoa
·   Absensi
·   Memantau pemahaman siswa terhadap hasil pertemuan sebelumnya
·   Apresiasi & Motivasi


·   Tertib & berdoa
·   Memperhatikan & merespon


15 menit

Absensi & kelengkapan mengajar lainnya

Presentasi , informasi

Studio gambar
Perancangan dan pemeliharaan sistem Plambing, Syofyan Mohammad Noerbambang&Takeo Morimura, PT. Pradnya Paramita


Dasar-Dasar Plambing, Drs. Evri Tahar dkk.,Angkasa


Astudioarchitec.com

alexarchitecture.blogspot.
com



Dari berbagai sumber, hasil penelusuran  google
2.
KEGIATAN INTI
·   Menjelaskan gambar instalasi plambing
·   MEnjelaskan beberapa hal yang jadi pertimbangan dalam merencanakan instalasi plambing
·   Menjelaskan tentang alat-alat saniter dengan melibatkan siswa
·   Menugaskan siswa membuat gambar denah bangunan
·   Melihat / memeriksa denah yang dibuat siswa, dan meminta dilengkapi bagi yang belum sesuai kebutuhan

·  Memperhatikan










·  Memperhatikan dan terlibat dalam member masukan

·  Merencanakan gambar denah sesuai kebutuhan

·  Melengkapi bagi yang belum sesuai

·  Menyimpan hasil pekerjaan

40 menit



30 menit






30 menit




95 menit






Komputer dan infocuss, white board, kertas dan alat gambar




Persentasi informasi,








diskusi



Penugasan









Studio gambar
3.
PENUTUP
·  Menyimpulkan materi dgn melibat kan siswa
·  Evaluasi  lisan
·  Menutup dan berdoa

·   Merespon dengan dengan aktif


·   Berdoa bersama


15 menit




Pertemuan Ketiga
Materi
1.       Alat – alat saniter
                Membicarakan tentang alat – alat saniter yang banyak terpakai, terutama model – model terbaru, untuk menambah wawasan dan memperkaya ide – ide siswa.
2.       Membicarakan pencapaian tugas sebelumnya, dan melanjutkan.

NO
KEGIATAN
RINCIAN WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
METODE
TEMPAT BELAJAR
SUMBER BELAJAR
GURU
SISWA
1.
KEGIATAN AWAL
·   Membuka pertemuan / berdoa
·   Absensi
·   Bertanya tentang pencapaian tugas
·   Apresiasi & Motivasi


·   Tertib & berdoa
·   Memperhatikan & merespon


15 menit

Absensi & kelengkapan mengajar lainnya

Presentasi , informasi

Studio gambar
Perancangan dan pemeliharaan sistem Plambing, Syofyan Mohammad Noerbambang&Takeo Morimura, PT. Pradnya Paramita


Dasar-Dasar Plambing, Drs. Evri Tahar dkk.,Angkasa


Astudioarchitec.com

alexarchitecture.blogspot.
com



Dari berbagai sumber, hasil penelusuran  google
2.
KEGIATAN INTI
·   Menjelaskan berbagai alat saniter yang banyak dipakai beserta kegunaannya, dan
Meminta siswa untuk menjelaskan peralatan saniter apa saja yang sudah dikenalinya
·   Meminta siswa untuk melanjutkan penyelesaian gambar denah
·   Menugaskan siswa menggambar rencana instalasi plambing pada denah yang ada, sesuai standar
·   Meminta siswa untuk merapikan  dan menyimpan pekerjaan

·  Memperhatikan dan aktif / terlibat dalam memberikan jawaban






·  Melanjutkan pekerjaan


·  Melanjutkan pekerjaan




·  Menyimpan hasil pekerjaan


60 menit











120 menit











15 menit

Komputer dan infocuss, white board, kertas dan alat gambar




Persentasi informasi,








diskusi



Penugasan









Studio gambar
3.
PENUTUP
·  Menyimpulkan materi dgn melibat kan siswa
·  Evaluasi  lisan
·  Menutup dan berdoa

·   Merespon dengan dengan aktif


·   Berdoa bersama


15 menit




Pertemuan Keempat
Materi
        Melanjutkan penyelesaian tugas sebelumnya

NO
KEGIATAN
RINCIAN WAKTU
PERALATAN PENDUKUNG
METODE
TEMPAT BELAJAR
SUMBER BELAJAR
GURU
SISWA
1.
KEGIATAN AWAL
·   Membuka pertemuan / berdoa
·   Absensi
·   Bertanya tentang pencapaian tugas
·   Apresiasi & Motivasi


·   Tertib & berdoa
·   Memperhatikan & merespon


15 menit

Absensi & kelengkapan mengajar lainnya

Presentasi , informasi

Studio gambar
Perancangan dan pemeliharaan sistem Plambing, Syofyan Mohammad Noerbambang&Takeo Morimura, PT. Pradnya Paramita


Dasar-Dasar Plambing, Drs. Evri Tahar dkk.,Angkasa


Astudioarchitec.com

alexarchitecture.blogspot.
com



Dari berbagai sumber, hasil penelusuran  google
2.
KEGIATAN INTI
·   Memantau ketercapaian tugas sebelumnya
·   Meminta siswa untuk melanjutkan pekerjaan
·   Meminta siswa untuk memprint out tugasnya
·   Meminta siswa menyimpan pekerjaan




20 menit



90 menit




40 menit


Komputer dan infocuss, printer, kertas






Penugasan

Studio gambar
3.
PENUTUP
·  Menyimpulkan materi dgn melibat kan siswa
·  Evaluasi  tertulis
·  Menutup dan berdoa

·   Merespon dengan dengan aktif

·  Mengikuti evaluasi
·   Berdoa bersama


60 menit





V.    PENILAIAN

        Tugas di rumah : Mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang berkenaan dengan plambing dari berbaga sumber dan di lengkapi dengan gambar.  Tugas  diserahkan lewat email
       
                                                                                       Lembaran Soal
        Nama                                                            :
        Kelas                                                             :
        Kompetensi Dasar                                   :    Menggambar instalasi plambing
       
        Pengetahuan
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN
SKOR MAKSIMAL
SKOR SISWA
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan air bersih dan air kotor

1.0

2.
Air baku adalah

1.0

3.
Apa yang imaksud dengan kerja plambing ?

1.5

4.
Jelaskan dengan ringkas ruang lingkup dari kerja plambing


1.5

5.
Yang dimaksud dengan instalasi plambing adalah

1.5

6
Fungsi utama instalasi plambing adalah

1.5

7
Coba jelaskan, beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam perencanaan instalasi plambing

2.0


Jumlah skor maksimal
10








Nilai Pengetahuan                          =             Jumlah skor siswa       X  10
                                                                                   Jumlah skor maks.
                                                                
       SIKAP
No
Sikap
Skor
 ( 0 -10 )
Bobot
Nilai
1.
Displin

0,2

2.
Minat

0,2

3.
Kerja sama

0,2

4.
Kerajinan

0,2

5.
Keaktifan

0,2


Nilai siswa    =    60%Np  + 25 % Nt + 15% Ns
            Ket     :              Np  =  Nilai Pengetahuan
                                      Nt    =  Nilai Tugas
                                      Ns   =   Nilai Sikap
                                                                                   Sijunjung, Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMK N 2 Sijunjung                                 Guru Kompetensi / Mata diklat


JUFRI, S.Pd                                                      RISWANDI    
Nip. 19700911  199703  1  003                         Nip. 19660325  198903  1 012

Tidak ada komentar: